Tema bahari, budaya dan lingkungan akan terasa kental dalam rangkaian acara Festival Alor/festival Panggil Ikan (Dugong) yang diselenggarakan tanggal 19 s/d 25 Juli 2019 di Kabupaten.Alor. Adanya beberapa kegiatan seperti kunjungan ke Kampung Tradisional Monbang, Kampung Tradisional Matalafang/Takpala, Al Qur’an Tua Kulit Kayu dan Car Free Day Tenun Ikat  dengan titik start Lapangan SMA St. Yosep menuju Lapangan Mini Kalabahi dilanjutkan dengan Deklarasi Alor Bebas Sampah.

Sebelum puncak acara Festival Alor/Festival Panggil Ikan (Dugong) diadakan dialog interaktif (talkshow) bertema “Pariwisata sebagai Penggerak Utama (Prime Mover) Pembangunan Ekonomi NTT”.  Hal ini dilakukan dengan harapan dapat mendorong semangat masyarakat Alor khususnya untuk mengembangkan pariwisata yang berbasis lingkungan/alam dan berkelanjutan.

Puncak acara  Festival Alor/Festival Panggil Ikan (Dugong) adalah Ritual Panggil Ikan (Dugong) yang dilakukan oleh Bapak Onesimus Laa, tujuannya adalah selain untuk memperkenalkan potensi wisata konservasi dugong di Kabupaten Alor sebagai salah satu spesies laut yang dilindungi serta belum banyak mendapat perhatian masyarakat. Kabupaten Alor merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi NTT yang memiliki phenomena alam, dimana adanya keterikatan hubungan batin yang kuat antara dugong dan manusia sehingga dapat saling hidup berdampingan secara harmoni. Hal ini merupakan daya tarik wisata yang luar biasa.~rd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here