PERAIRAN di sekitar Pulau Alor tidak hanya cantik tapi juga memiliki keunikan dari fenomena alam. Sekira dua kali dalam setahun, di perairan Alor terjadi fenomena yang disebut arus dingin di Selat Kumbang, yang terletak antara Desa Alor Kecil dan Pulau Kepa.

Arus yang membawa air bersuhu dingin bergerak melalui perairan tersebut sekitar Bulan Mei dan September selama 2-3 hari berturut-turut. Fenomena ini ditandai dengan datangnya gerombolan ikan ke pinggir pantai dan pergerakan lumba-lumba dan burung pemakan ikan secara besar-besaran. Ikan-ikan terdampar yang jumlahnya terbilang banyak akan ditangkap masyarakat menggunakan alat-alat sederhana, seperti serok bahkan gayung.

Untuk sampai ke Alor Kecil dapat menggunakan transportasi umum jurusan Alor Kecil dari ibukota Kalabahi, mobil angkutan pedesaan menuju Alor Kecil dengan tarif berkisar 5000 – 10.000 rupiah per orang.
Waktu tempuh perjalanan sekitar 15-30 menit. Rute perjalanan akan melewati daerah sepanjang pesisir pantai Kenarilang-Dulolong-Ampera-Lewalu, jalan ini menjadi jalan utama dan satu-satunya dari dan ke Kalabahi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here