Pulau kepa adalah salah satu pulau di kabupaten alor yang sangat indah dan mempesona.

Bagi Anda yang suka aktivitas air, Anda akan tertarik mengunjungi pulau ini. Pulau Kepa memiliki hamparan pasir putih. Menatap samudera dengan berbagai bukit hijau yang menawan dan pulau-pulau kecil di sekitar Kepa akan memberi ketenangan.

Gelombang kecil air mengalir menuju garis pantai bersama dengan perahu kecil. Pulau Kepa, adalah pulau kecil yang jauh dari modernitas. Tak ada warung yang menjual makanan sehingga disarankan sebelum menyeberang kita dapat menyiapkan atau dapat membeli makanan kecil di warung-warung yang tersedia di Kalabahi atau di Desa Alor Kecil Pulau Kepa adalah tujuan terbaik bagi Anda yang ingin menjelajahi alam dan menikmati panorama bawah laut.

Karang di daerah ini dinominasikan sebagai salah satu kawasan dengan karang terindah di dunia. Hal ini tidak mengherankan karena kawasan ini dikelilingi oleh Laut Timor, Laut Sawu, dan Laut Flores yang menjadi tempat persilangan bagi paus. Jadi, jika Anda beruntung, Anda akan melihat paus muncul di permukaan.

Jika ingin melihat kehidupan lautnya yang sangat kaya, Anda bisa menyelam atau snorkeling di Pulau Kepa. Anda bisa berenang bersama dengan ikan berwarna-warni yang kadang bersembunyi di terumbu karang. Kejernihan air biru di Pantai Kepa membuat terumbu karang di bawahnya terlihat dengan jelas. Terumbu karang di Alor disebut-sebut sebagai salah satu yang tercantik di dunia, termasuk di Kepa. Keindahan itulah
yang katanya mengundang dan memanjakan turis yang menyukai snorkeling dan diving saat melancong ke Kepa.

Sebenarnya ada sekitar 42 titik menyelam yang saling berdekatan. Dengan demikian, akan memudahkan Anda untuk menjelajahi kehidupan laut.  Airnya yang seperti kristal juga menciptakan visibilitas perairan yang jelas.

Di dalam pulau ini juga terdapat bungolow2 yang bisa di sewa buat tempat penginapan dan di pulau ini juga di sediakan alat snorkling dan diving bagi yang menyukai
olahraga air ini.

LOKASI

Pulau Kepa terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dibutuhkan sekitar 10 menit dengan kapal motor dari Dermaga kecil Pulau di Pulau Alor. Pulau Alor sendiri bisa ditempuh dengan penerbangan sekitar 45 menit dari Bandara El Tari Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur ke Kalabahi, ibu kota Pulau Alor. Kalabahi menjadi tempat transit bagi wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke gugusan pulau kecil yang mengelilingi Alor, termasuk Pulau Kepa.

Dari Bandara Kalabahi di Alor, Anda masih perlu melanjutkan perjalanan sekitar 1,5 jam dengan mobil dan dilanjutkan dengan kapal.  Pulau ini belum memiliki infrastruktur yang memadai. Tidak ada jalan aspal, angkutan umum atau warung makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here